Pipa proyek SPAM mulai dipasang di sepanjang jalur wilayah Selatan Lombok Timur



LOMBOK TIMUR- Berbagai item pengerjaan proyek Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) Pantai Selatan terus dikebut. Terutama berkaitan beberapa item pengerjaan primer seperti pembuatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berlokasi di Desa Kotaraja Kecamatan Sikur , hingga pemasangan jaringan seperti pipa dan lainnya.


Percepatan pengerjaan proyek ini tak lain supaya bisa tuntas tepat waktu. Sesuai kontrak kerja, proyek yang menelan anggaran ratusan miliar digelontrokan oleh pemerintah pusat harus tuntas Desember 2023. Pemkab Lombok Timur pun dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) optimis jika proyek tersebut akan bisa selesai tepat waktu.


" Berbagai item pengerjaan masih tetap terus berjalan. Baik itu instalasi pengolahan air maupun pemasangan jaringan distribusi primernya juga tetap berjalan " kata Kadis PUPR Lombok Timur Achmad Dewanto Hadi.


Proses lainnya juga terang dia pihaknya saat ini masih menunggu rekomteks Balai Wilayah Sungai (BWS) berkaitan dengan pengambilan sumber mata air Timbu Kroget Kembang Kuning. Pihak BWS saat ini sedang menyusun rekomendasi setelah sebelumnya dilakukan ekspos pada Jumat lalu . Kalau sudah maka mata air Timbu Kroget sudah bisa kita gunakan.


"Mudah- mudahan minggu ini sudah bisa kita terima. Dikembang Kuning hanya satu titik dengan kapasitas permohonan 60 sampai 100 liter perdetik. Kebutuhan air kita untuk proyek ini sudah bisa mencukupi ditambah dua mata air sebelumnya yang sudah ada. Terlebih kapasitas IPA yang didesain yaitu antara 50 sampai 100 liter perdetik. Sambil berjalan kita akan maksimal dulu mata air Timbu Kroget untuk air permukaanya" lanjut Dewanto.


Sedangkan untuk pemasangan pipa ungkapnya telah mulai dilakukan dari wilayah Selatan. Dan pemasanganya pun sekarang ini telah mulai masuk sampai ke wilayah Kesik. Yang jelas kata dia pengerjaan proyek SPAM tersebyt diharuskan tuntas di tahun. Hal tersebut juga sesuai dengan harapan Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy.


" Kontraknya kan akan berakhir di akhir tahun. Selama kurun Agustus, Sepetember, Oktober kalau rekomteks sudah bisa dikeluarkan ,insyallah akan bisa selesai sampai Desember " tutup Dewanto. (glk)