Para UMKM di Lombok Timur diberikan bantuan untuk melalui Program KUBe

 




LOMBOK TIMUR-  Pemkab Lombok Timur mengalokasikan  dana sebesar Rp 5,58 miliar untuk mendukung program Kelompok Usaha Bersama (KUBe). Program ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah tersebut. 


Diketahui program ini menyasar sebanyak 563 kelompok. Penyaluran bantuan ini pun akan mulai dilakukan dalam waktu dekat  ini "  Pentingnya kerja sama dan upaya mandiri dari para penerima program KUBe " kata Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM), Hirsan


Untuk itu ia menekankan bahwa kelompok-kelompok yang mendapat manfaat dari program ini tidak seharusnya hanya mengandalkan bantuan pemerintah.

Meskipun dana bantuan tersebut memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan UKM di Lotim, Hirsan mengingatkan bahwa pengembangan usaha juga memerlukan inovasi, keuletan, dan upaya mandiri dari para pelaku bisnis. Program KUBe sejauh ini telah membantu sektor UKM dalam bentuk pemberian Kredit Usaha Bersama (KUBe), yang memberikan manfaat signifikan bagi kelompok-kelompok dengan berbagai jenis usaha, termasuk diantaranya kuliner, kerajinan, dan produk olahan lainnya.



" Jumlah pelaku UKM di Lotim telah mengalami peningkatan yang luar biasa, dari 23 ribu menjadi 73 ribu pelaku usaha. Dalam sektor ini, terdapat beragam jenis usaha, seperti kuliner, kerajinan, dan olahan lainnya," bebernya 


Lebih lanjut disampaikan, program KUBe juga memberikan variasi dalam jumlah bantuan yang diberikan kepada setiap kelompok. Bantuan berkisar antara Rp 5 hingga 10 juta, disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi pengembangan usaha masing-masing kelompok.

Hirsan juga menyoroti perkembangan positif dari Program KUBe, yang telah memberikan kontribusi nyata dalam hal permodalan. Dia menekankan bahwa Lotim memiliki potensi yang terus berkembang melalui Program KUR Pegadaian.


" Kita akan terus   berkomitmen untuk terus memfasilitasi akses permodalan dan memberikan bimbingan kepada para pelaku UKM dalam mengembangkan usaha mereka.  Apalagi Lombok Timur punya program Lombok Timur Berkembang, kita harapkan kelompok ini bisa dapat akses program kredit perbankan tersebut," imbuh dia.



Karenanya ia akan berupaya mengakselerasi pertumbuhan sektor UKM di wilayah ini, dengan harapan bahwa para pelaku usaha dapat mengambil langkah mandiri untuk memperkuat usaha mereka dan berkontribusi secara berkelanjutan terhadap perekonomian daerah. (glk)