LOMBOK TIMUR- Pemkab Lombok Timur akan melakukan renovasi kolam renang GOR Muslihin di Tahun 2024 mendatang. Pemkab pun akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp .2,4 miliar untuk perbaikan disertai dengan sejumlah fasilitas pendukung lainnya.


Pemkab Lombok Timur akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp. 2,4 miliar untuk perbaikan kolam renang GOR Muslihin yang sekarang kondisinya terbengkalai

Dengan anggaran yang cukup besar ini maka kolang renang tersebut akan berstandar internasional. Dengan fasilitas yang memadai itu diharapkan akan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin berkaitan dengan kegiatan olahraga renang. Saat ini kolam renang tersebut dalam kondisi terbengkalai dan tidak pernah diurus selama bertahun- tahun.


Pj Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taofik mengatakan, renovasi kolam renang ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama para pelajar untuk mencetak atlet yang berprestasi. Di Lombok Timur diakuinya memang banyak kolam renang, namun tapi sebagian besar dijadikan sebagai tempat wisata.


" Kolam renang yang banyak itu tidak bisa dijadikan sebagai tempat untuk berlatih oleh para atlet maupun para pelajar yang melamar sebagai anggota TNI-POLRI. Memang kita di Lotim ini kan banyak kolam renang. Jadi tidak mungkin itu bisa digunakan sebagai tempat latihan," terang dia.


Untuk itu ia berharap kolam renang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembinaan atlet yang tergabung dalam persatuan renang Indonesia Lombok Timur.. Perbaikan kolam renang ini diakui sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pemuda. Mengingat pada tahun lalu perbaikan kolam renang itu sempat tertunda karena kater batasan anggaran.



Kepala Dinas Olahraga (Dispora) Lombok Timur Asrul Sani menyambut baik rencana perbaikan kolam renang berstandar Nasional itu. Sebab selama ini para atlet renang di Lotim berlatih dengan memanfaat sejumlah kolam renang wisata yang ada di Lotim seperti kolam renang di Jobong dan Mataram.


"Selama ini atlet kita hanya latihan di kolam renang wisata. Meskipun belum memenuhi standar tapi mereka tetap latihan. Kalau sudah mau lomba kita latihannya ke Mataram," ujar dia. 


Dengan adanya rencana itu ia mengaku sangat senang demi kemajuan para atlet renang di Lombok Timur . Terlebih Kolam renang tersebut sudah berstandar Nasional dan menjadi langkah untuk melakukan pembinaan kepada atlet renang di daerah ini.. Termasuk juga bisa dijadikan sebagi tempat rekreasi bagi masyarakat.


Pada Porprov NTB 2023 lalu prestasi atlet renang Lotim terbilang cukup bagus. Dimana atlet-atlet Lombok Timur berhasil meraih medali emas dan perak. Untuk itu dengan adanya perbaikan ini diharapkan bisa meningkatkan prestasi para atlet renang dan bisa menjaring atlet renang yang berprestasi di Lotim.


"Atlet renang kita kemarin pada Porprov NTB banyak mendapatkan medali, ada yang dapat medali emas dan ada juga yang dapat medali perak. Intinya dengan adanya renovasi ini maka atlet-atlet kita bisa berlatih di kolam yang betul-betul standar," ujar dia..


Total anggaran yang didapatkan untuk meningkatkan saran olahraga di Lombok Timur sebesar Rp 3. Miliar, dengan rincian renovasi kolam renang sebesar Rp 2,4 miliar. Rp 400 juta untuk spot holl dan Rp 200 juta untuk rehab gedung pemuda.


"Tadinya Rp.3 miliar untuk kolam renang ,tapi masih banyak sarana dan prasarana olahraga yang lain yang juga membutuhkan renovasi," tutupnya. (glk)



 .