Pj Bupati menerima penghargaan dari Provinsi karena Lombok Timur menjadi yang terbaik dalam pengajuan dokumen DAK Fisik dan terbaik dalam kinerja perekaman data calon debitur Aplikasi Kredit Program (AKP) Tahun 2023. 

 

LOMBOK TIMUR- Lombok Timur berhasil mendapatkan dua penghargaan terbaik dari pemerintah provinsi di Tahun 2023 ini. Dua penghargaan yang didapatkan itu pertama Lombok Timur berhasil mendapatkan peringkat terbaik pengajuan dokumen persyaratan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisi tercepat dibandingkan dengan semua kabupaten/ kota yang ada di NTB. Kedua yaitu Lombok Timur juga menjadi yang terbaik berkaitan dengan kinerja perekaman data calon debitur Aplikasi Kredit Program (AKP) Tahun 2023.


Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung dalam acara penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD bertempat di Pendopo Gubenur NTB Selasa (13/12). Pengharagaan itu diterima langsung oleh Pj Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik.


Dikesempatan Pj Sekda Pemrov NTB H. Fathurrahman menekan kan pentingnya penggunaan anggaran dengan cara disiplin, teliti dan yang paling utama adalah tepat sasaran. Apa yang disampaikannya itu tak lepas karena melihat situasi global yang penuh ancaman resisi dan tidak ada kepastian. Untuk mengantisipasi hal tersebut terang dia satua kerja di NTB akan menggunakan anggaran secara disiplin, efesien dan tepat sasaran.


" Pemerintah daerah juga harus mendukung isu strategis nasional. Dianyarannya berkaitan dengan percepatan penurunan angka stunting, penghapusan kemiskinan ekstrim, termasuk juga peningkatan produksi daerah " pesannya. 


Ia menambahkan Pemprov NTB akan tetap terus berkomitmen mewujudkan pembangunan supaya berjalan seimbang.Entah itu berkaitan dengan pembangunan fisik, maupun pembangunan manusia. Dua hal ini dianggap sangat penting mewujudkan keberhasilan pembangunan " Keberhasilan pembangunan di NTB bukan karena individu namun dibutuhkan keterlibat semua pihak terkait " tutupnya


Sementara itu Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTBS Sudarmanto menegaskan bahwa pelaksanaan APBD Tahun 2024 harus bisa berjalan dengan lancar. Yang paling utama adalah bisa tepat waktu, sasaran dalam upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi NTB " APBN menjadi instrumen yang diandalkan dalam menghadapi berbagai gejolak. Termasuk dalam memulihkan ekonomi inklusif dan berkelanjutan" tandasnya. (glk)