LOMBOK TIMUR- Pemkab Lombok Timur makin memperkuat kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Selong. Hal tersebut ditandai melalui penandatangan kerjasama dengan yang berlangsung di ruang kerja Pj Bupati Lombok Timur Jumat (15/12).


 Pemkab Lombok Timur perkuat kerjasama dengan BPJS Kesehatan termasuk juga dengan PT Pegadaian Area Ampenan


Selain dengan BPJS Kesehatan disaat bersamaan Pemkab Lombok Timur juga melalukan penandatangan kerjasama dengan kerjasama dengan PT Pegadaian Ampenan. Kerjasama dengan Pegadaian ini tak lain dalam upaya pembangunan ekonomi yang inklusif di Lombok Timur



" Kita tentunya sangat senang dengan adanya kerjasama seperti ini. Kerjasama ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kemajuan daerah kita. Terlebih lagi semuanya telah tercover dengan sistim pengendalian dan monitoring yang baik " kata Pj Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taofik.


Kerjasama ini juga terang dia merupakan bagian dari upaya Pemkab Lombok Timur dalam melayani masyarakat. Terutama dibidang kesehatan termasuk juga dalam upaya pengembangan ekonomi masyarakat " Konsekuensi dari kerjasama ini tak lain kita harus siap memberikan pelayanan dengan sebaik dan sesegera mungkin ke masyarakat kita . Meskipun penandatangan kerjasama kita lakukan di akhir tahun maka kita juga harus siap melaksanakannya di awal tahun 2024 " imbuh Juaini. 


Dengan tercapainya target Universal Health Coverage (UHC) maka masyarakat Lombok Timur ujar Juaini sekarang tidak perlu khawatir. Kesehatan yang merupakan bagian dari hak asasi manusia kini sudah bisa menjadi milik masyarakat Lombok Timur " Semua lapisan masyarakat memiliki hak yang sama untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, terjangkau dan bermutu dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat" imbuh Juaini.


Selain itu terang dia kepesertaan BPJS Kesehatan juga bagian dari perlindungan bagi masyarakat saat mereka membutuhkan pelayanan kesehatan. Namun diakuinya berkaitan dengan pelayanan kesehatan ini memang masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Untuk itu terang dia dibutuhkan kerjasama yang baik dengan semua stachokder terkait.


Sementara terkait kerjasama dengan PT Pegadaian Ampenan jelasnya merupakan bagian dari pilar ketiga dalam upaya mewujudkan ekonomi yang ingklusif. Kerjasama dengan Pegadaian juga salah satu cara untuk menyiasati keterbatasan fiskal pemerintah " Kalau kita berkolaborasi tentunya selamanya butuh modal besar " tutup Juaini.


Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong Gusti Ngurah Catur Wiguna memberikan apresiasi ke Pemkab Lombok Timur yang telah berkomitmen dalam memberikan kesehatan bagi masyarakat. Terutama berkaitan dengan pelayanan kesehatan " Salah satu aspek kesejahteraan itu adalah pemenuhan akses kesehatan yang semakin baik " singkatnya.


Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh Kepala PT Pegadaian Ampenan Junaidi. Pihaknya berharap akan bisa terus memberikan sumbanggsih dan berkontribusi untuk pembangunan Lombok Timur. (glk)