Sateriadi 

LOMBOK TIMUR- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur menyiapkan pelayanan khusus adminduk untuk penderita Difabel atau orang berkebutuhan khusus. Baik itu berkaitan dengan perekaman E KTP, Kartu Keluarga (KK) dan berbagai data kebutuhan adminduk lainnya.


" Melalui program tuak manis kita juga menyiapkan pelayanan untuk di fabel " kata Kadis Dukcapil Lombok Timur Sateriadi.


Karenanya di momen peringatan hari disabilitas internasional yang digelar beberapa hari lalu terang dia pihaknya juga menyiapkan berbagai pelayanan adminduk bagi difabel. Terutama perekaman e-KTP, Pencetakan e-KTP, perbaikan Kartu Keluarga (KK) dan lainnya . Semuanya diselesaikn langsung di tempat, sejak dimulai acara sebanyak 25 e-KTP telah dicetak, sebanyak delapan orang diantaranya merupakan penyandang disabilitas, sisanya masyarakat umum.

Selain memberikan layanan saat ini, Dukcapil juga menyediakan program layanan khusus untuk menjaring masyarakat, marginal, Difabel, lansia melalui program Tuntas Administrasi Kependudukan untuk masyarakat marginal dan Disabilitas ( Tuak Manis) " kata dia.


Untuk mensukseskan program Tuak Manis pihaknya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Terlebih lagi para penderita difabel ini membutuhkan bantuan khusus "'Kalau tidak dilaporkan ke kami tentu kami tidak tahu. Jadi silahkan laporkan kepada kami. Kami akan datangi dia," terangnya.


Sementara itu pJ Bupati Lotim H M Juaini Taofiq menambahkan Lotim saat ini sudah semakin ramah difabel dalam memberikan akses. Untuk itu ia berharap agar kerja kolektif terus di tingkatkan. Jumlah warga Lotim saat ini sudah mencapai 1,4 juta jiwa. Sementara yang mengalami difabel mencapai angka 1.000 lebih.


"Yang menjadi persoalannya sekarang adalah bukan persolan keberadaan nya. Tapi seberapa ramah kita, seberapa akses yang kita berikan. Karena negara sudah menjamin tidak membeda-bedakan hak antar warga negara," tutupnya. (glk)