LOMBOK TIMUR- etugas Pemuktahiran  Data dan Pemilih (Pantarlih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur mulai turun melakukan  pencocokan dan penelitian (Coklit) ke sejumlah tokoh-tokoh yang ada di Lombok Timur Senin (24/6)




 Petugas Pantarlih KPU turun melakukan Coklit ke sejumlah rumah tokoh di Lombok Timur kemarin




Coklit yang dilakukan secara acak ini dilakukan sejumlah tokoh diantaranya mantan wakil Gubenur NTB Hj. Siti Rohmi Djalillah di Rakam,  Pj Bupati Lotim HM. Juaini Taofik di Rumbuk,  Ketua PC Muhammadiyah Lombok Timur Roma Hidayat di Desa Lepak dan Ketua PC NU Lombok Timur TGH. Marwan Hakim di Desa Aikperapa ,Aikmel  


" Kegiatan Coklit tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 " kata  Anggota Komisioner KPU Mulyadi.


Ia menambahkan   bahwa jumlah TPS di Lombok Timur 1896, sedangkan jumlah Tim Pantarlih yang dimiliki oleh KPU Lombok Timur untuk melakukan Coklit di Kabupaten Lombok Timur sekitar 3720. 


" 3720 tim Pantarlih ini akan menyasar minimal untuk 5 KK untuk melakukan Coklit," ungkapnya. 


 Untuk kelangkaan atribut yang digunakan oleh Tim Pantarlih dalam melakukan Coklit sudah dilakukan pendistribusian. Sehingga Tim Pantarlih sudah siap melakukan Coklit selama 1 bulan mulai dari 24 Juni sampai dengan 24 Juli 2024.


"Semua perlengkapan teman-teman tim Pantarlih sudah didistribusikan, dan pada hari ini secara serentak teman-teman Pantarlih sudah mulai melakukan Coklit," terangnya. 


Berdasarkan data DP4 dari Mendagri bahwa total pemilih terdaftar sementara 974 Ribu. Selain itu, kata dia, apakah data akan sama dengan pemilu Pilpres dan Pileg, hal ini tergantung dari hasil Coklit. 


"Kita minta masyarakat bersabar saja, selesai dari Coklit maka akan ditetapkan DPS. Dari situ kita lihat berapa daftar Pemilih Lombok Timur," tutupnya.



Sementara itu mantan Wakil Gubenur NTB   Hj. Siti Rohmi Djalilah menyampaikan bahwa baru saja selesai dilakukan Coklit oleh tim Pantarlih KPU. Hal ini dilakukan untuk mencocokkan data oleh tim Pantarlih KPU, agar memastikan data kita sudah terdaftar sebagai pemilih.


"Saya didatangi oleh petugas KPU untuk mencocokkan data saya, dengan pendataan yang akan digunakan untuk Pilkada 27 November 2024. Kita juga meyerahkan KK dan KTP, untuk dicek kembali untuk dilakukan pencocokan datanya," terang Rohmi.


Untuk itu Rohmi  mengajak masyarakat Lombok Timur untuk mensukseskan Pilkada serentak di NTB. "Saya harap Pilkada berjalan lancar. Pesta Demokrasi berjalan lancar dan kita bisa berbahagia menyongsong Pilkada Gubernur dan Bupati di NTB 2024," tandasnya. (glk )

.






.