LOMBOK TIMUR - Politika Research and Consulting (PRC) menegaskan bahwa mereka tidak pernah merilis hasil survei terkait Pilkada Lombok Timur 2024. Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo, mengklarifikasi bahwa informasi yang beredar mengenai survei tersebut adalah tidak benar dan data infografis yang tersebar merupakan hasil editan pihak tertentu.

Hasil survei  rilis PRC  yang beredar luas di media sosial dan dianggap hoax


"PRC tidak pernah mengeluarkan hasil survei mengenai Lombok Timur kepada siapa pun," kata Rio dalam keterangan tertulisnya hari ini.


Reaksi ini muncul setelah beberapa media memuat informasi palsu yang menyebutkan hasil survei Pilkada Lombok Timur yang tidak ada kaitannya dengan kenyataan. Juru bicara pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Timur, Heri Sabri, mengecam tindakan manipulatif ini yang diduga bertujuan untuk mempengaruhi opini publik.


"Masyarakat harus waspada terhadap berita palsu atau hasil survei yang tidak jelas sumbernya yang tersebar di media sosial dan portal berita online," ujar Heri Sabri, mantan Ketua PKS Lombok Timur.


Dia juga menekankan pentingnya mempertanyakan kredibilitas media dalam mempublikasikan informasi, terutama dalam konteks kegiatan jurnalistik yang bertanggung jawab.(glk)