LOMBOK TIMUR – Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM. Juaini Taofik, baru-baru ini menghadiri acara penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang digelar oleh Dinas Pertanian (Dispertan) Lotim. Dalam acara tersebut, bantuan yang diberikan berupa 16 unit perajang tembakau diserahkan langsung kepada kelompok tani.


Tanaman tembakau petani di Lombok Timur telah mulai memasuki musim panen 



Bupati Juaini Taofik menjelaskan bahwa bantuan Alsintan ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024. Dalam sambutannya, Bupati Juaini mengingatkan kelompok tani untuk bersyukur atas bantuan pemerintah yang diterima. Ia mengungkapkan keyakinannya bahwa jika petani dan jajaran dinas pertanian bekerja sama dengan baik, segala usaha akan berjalan dengan lancar.


Bupati Juaini juga menekankan pentingnya memanfaatkan alat bantu tersebut secara optimal untuk meningkatkan kualitas produksi tembakau rajang " Kita berharap bantuan ini dapat berkontribusi pada kemajuan petani dan keberlanjutan usaha tani, serta menembus pasar internasional untuk meningkatkan nilai ekspor " tutupnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Sahri, menyoroti pentingnya tembakau sebagai salah satu komoditas primadona yang menjadi pilihan utama setelah padi. Dia menambahkan bahwa bantuan alat mesin pertanian ini diharapkan mendukung pembangunan berkelanjutan, serta meningkatkan kualitas dan kesejahteraan petani tembakau. (glk)